Prilaku Hidup Bersih dan Sehat | Lomba di Desa Tundagan

LOMBA PHBS ANTAR DUSUN DI DESA TUNDAGAN

REYH UPDATE - PHBS singkatan dari Prilaku Hidup Bersih dan Sehat, Desa Tundagan mengadakan lomba PHBS antar Dusun yang bertujuan untuk meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat.


Banyak upaya yang dilakukan pihak Desa untuk melakukan penilaian, dari mulai surver ke lokasi langsung dan melihat ata grafik yang sudah ada di desa. Panitia menyimpulkan bahwa penilaian ini tidak di lakukan secara sembarang karena ini melihat dari berbagai aspek sehingga penilaian nya lebih akurat terlebih da tim survey juga yang membuktikan apa kah benar atau tidak.


Perbincangan saya dengan kepala Dusun Ciagi ( JUHAMAN ) mengenai kemenangan nya di lomba PHBS antar Dusun di Desa Tundagan , beliau menegaskan Dusun kami termasuk Dusun yang tertib dan hidup bersih , tapi kami hanya mendapatkan JUARA 2 , kami juga sadar masih ada sebagian besar kurang lebih 27% yang masih menganut prilaku zaman dulu, seperti BAB di Jamban , Mandi , Mencuci dan yang lain nya, sehingga faktor ini mempengaruhi.


Di akhir pembicaraan beliau juga menegaskan, jikalau ada lomba lagi kami siap rebut penghargaan menjadi JUARA 1 karena kami akan mulai mngoptimalkan beberapa sarana prasarana seperti MCK yang bersiat UMUM dan juga kami sudah mempunyai PAM sendiri yang memjngkinkan warga bisa menikmati air nya langsung di rumahnya masing - masing tanpa harus jauh berjalan ke jamban atau yang lain nya.


Dusun yang bersih bukan semata mata untuk mengejar pengargaan dan tropi tapi unuk menanamkan sifat hidup bersih dan sehat kepada warga, dari hal yang kecil akan mendapatkan perubahan hasil yang besar jika kekompakan muncul di dalam nya, bukan hanya itu jika kita memulai hidup bersih dan menerapkan PHBS maka kita juga akan terhindar dari bibit-bibit penyakit, dan menghemat anggaran kita untuk ke dokter, hidup sehat dan bersih itu penting !!! Makanya mulai dari sekarang cobalah untuk menerapkan PHBS ( PRILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT )

Comments

Popular Posts