Makanan Khas Orang Sunda | Sorabi

Sarapan pagi dengan Sorabi makanan khas Sunda


Reyh Update - banyak orang beranggapan bahwa yang namanya makan pagi ataupun sarapan di awali dengan susu dan roti, ataupun makanan yang memang di rancang khusus untuk sarapan pagi. Apakah kalian tau apa itu Sorabi ? mungkin untuk orang sunda sendiri sudah tidak Asing yang namanya Sorabi, suah makanan ataupun jajanan khas yang di sajikan di pinggir jalan dan dapat di beli dengan harga yang relatif murah dan sangat lah enak untuk di makan saat sarapan pagi.

Makanan Khas Orang Sunda


Beda dengan orang sunda ,dengan suku lain atau darah lain di Indonesia, mereka lebih memilih jajanan yang di jajahkan di jalan atau di jual secara keliling, yaitu Sorabi.
Hanya dengan mengeluarkan uang sedikit sudah bisa merasakan sorabi, di karnakan perkembangan jaman sorabi sendiri sekarang memiliki beberapa perubahan dan cara penjualan di karnakan peminat sorabi telah meningkat dan di zaman sekarang ini sorabi telah di jajahkan bukan hanya di pinggir jalan ataupun pedagang keliling tapi ada juga yang di jual di sebuah lokasi yang khusus menjual sorabi dengan berbagai rasa.
 
Sorabi sendiri terbuat dari tepung beras dan di campur dengan santan kelapa, sehingga menghasilkan rasa nya yang gurih, cara pembuatan nya juga cukup sederhana cuma menggunakan tungku dari bahan dasar tanah di bakar dan yang unik adonan hanya di masak satu bagian sehingga trlihat seperti gosong pada bagian yang satunya sedangkan bagian lain terlihat utuh.

tapi untuk di zaman sekarang Sorabi sendiri telah berubah, menjadi jajanan yang sedikit mewah saat di sajikan di gerai sorabi yang menjajahkan sorabi dengan berbagai rasa, seperti sorabi manis yang di taburi coklat dan susu dengan sedikit toping, atau sorabi coklat keju, banyak sekali perubahan sorabi selainyang memiliki rasa yangberbeda dengan yang asli nya tai tidak merubah komposisi dasar dari pada sorabi tersebut, dimana masih tetap terbuat dari tepung beras ketan dan campuran santan kelapa hanya isi dari sorabi tersebut dantedikit toping di atas nya dan di sajikan secara mewah yang membuat perbedaan.


Tapi itu khas dari makanan ini, Sorabi lebih enak di makan sengan gorengan lain nya, sehingga lebih terasa nikmatnya, sempet berbincang dengan salah satu pelanggan penggemar Sorabi, bahwa selain harga nya murah sorabi juga enak rasanya dimakan dengan gorengan dan secangkir kopi hitam tegas pelanggan pria separuh baya.
selain harga nya yang relatif murah, tapi rasa jangan di tanya, rasanya yang gurih dengan tekstur yang kenyal membuat para penggemar sorabi rela antri untuk mendapatkan giliran.

pedagang sorabi yang sempat saya tanya dia menegaskan , bahwa dia berjualan dari pukul 03.00 WIB waktu setempat, bahkan mempersiapan barang barang yang akan dipakai untuk membuat sorabi sudah di bawa sejak tengah malam, di karnakan peralatan yang sangat banyak dari mulai tunggu , meja, bahkan kayu bakar yang banyak sehingga harusdi persiapkan dari malam.

beliau berjaulan setiap pagi dari pukul 03.000 sampai dengan pukul 06.30 WIB waktu setempat, terbilang melelahkan sangatlah melelahkan dtapi dikarnakan tuntutan hidup yang membuat beliau harus berjualan dari muali tengah malam sampai pagi datang, selain untuk menyambung hidup, dari sorabi juga lah yang membuat anak nya bisa sekolah dan berharap anak nya kelak bisa sekolah di perguruan tinggi seperti harapan kedua orang tuanya.


Jadi jika anda singah di kota yang memang orang di sekiar nya suku sunda , coba cari lah jajanan sorabi, dan rasakan sendiri enak nya sorabi jajanan atau menu sarapan pagi orang sunda.Bahkan jika melihat toko yang menjajahkan sorabi dengan berbagai rasa itu jugapatut dicoba karena sorabi di zaman sekarang ini telah menjadi jajanan yangsangat mewah saat di sajikan di lokasi yang memang menjajahkan Sorabi dengan tampilah yang menggugah selera.

Comments

Post a Comment

Popular Posts